RSS

Tips Sehat di Pagi Hari

21 May

MENGAWALI pagi dengan senyuman dan rasa syukur, rasanya tak berlebihan. Kehidupan Anda di siang hingga malam hari tergantung dari apa yang Anda mulai di pagi hari.

Faktanya, kita akan lebih memilih membenarkan riasan dibandingkan menyiapkan sarapan sehat. Perut yang kosong dan pikiran yang tidak tenang akan membuat aktivitas terhambat dan membangkitkan rasa stres.

Hidup yang sempurna harus diawali dengan hal yang positif. Ikuti langkah berikut ini untuk mewujudkannya, seperti yang dilansir ivillage.com:

1. Awali dengan sarapan
Ketika merasa tidak memiliki banyak waktu di pagi hari, kita dapat mempersiapkannya saat malam hari. Buatlah smoothie atau campuran sari buah, susu atau yoghurt dengan bahan-bahan yang ada di rumah, kemudian menyimpannya dalam kulkas. Atau bisa juga merebus telur saat malam hari, kemudian meraciknya dengan roti saat akan mulai beraktivitas. Sarapan yang kurang akan membuat pikiran tidak fokus, setidaknya kita tidak merasa lapar saat mengalami kemacetan di jalan.

2. Meditasi
Tidak ada waktu untuk meditasi di pagi hari? Tidak perlu khawatir, karena kita dapat melakukannya dalam mobil atau bus. Pikirkan hal yang positif, mulai dari kaki menyentuh tanah, suara burung berkicau, dan bayangkan kita berada di antara pepohonan. Kemudian lanjutkan dengan renungan masalah yang sedang kita hadapi.

3. Candle light di pagi hari
Cahaya lilin di pagi hari dapat membuat hidup menjadi lebih cerah. Nyalakan lilin di samping tempat tidur, pencahayaan lilin yang kita lihat saat bangun akan membangunkan kesadaran. Dengan begitu kita akan lebih mudah untuk fokus.

4. Pengaturan napas
Jika kita memiliki atau berisiko penyakit jantung, ciptakan energi positif dan rasa penyembuhan yang berfokus pada jantung. Duduklah dengan nyaman di lantai atau kursi dan tutup mata. Tempatkan kedua tangan di jantung, tarik napas ke dalam jantung kemudian lepaskan secara perlahan.

5. Jalan kaki atasi masalah metabolisme
Untuk mengatasi gangguan metabolisme, kita hanya perlu berjalan kaki. Rasakan dan bayangkan setiap energi yang mengalir ke dalam tubuh. Sirkulasi udara ini baik untuk mengatasi gangguan pencernaan.

6. Yoga dengan air lemon
Untuk menghindari sendawa dan bunyi  perut, hal pertama yang harus kita lakukan adalan pembersihan pencernaan. Minumlah segelas air hangat dengan perasan jeruk lemon, 30 menit kemudian konsumsilah kacang almon yang telah direndam sebelumnya. Minum air lemon hangat sebelum makan akan membangkitkan unsur api pada pencernaan.

7. Amati kecantikan kita
Saat kita bersiap-siap di pagi hari, luangkanlah waktu sejenak untuk mengingat kelebihan yang kita miliki. Berdirilah di depan cermin usai mandi, atur nafas, dan rasakan kaki kita berada di tanah. Fokuskan pikiran dan ingatkan diri kita bahwa kita keluar rumah untuk mewujudkan tujuan hidup kita.

8. Mencium aroma makanan
Sebelum kita menikmati hidangan, hirup aroma dan perhatikan perbedaan warna yang ada dalam makanan. Ketika kita mulai memakan, perhatikan suhu dan teksturnya, bayangkan makanan tersebut akan memberikan energi yang cukup. Ini merupakan meditasi kecil yang akan membawa pikiran positif di pagi hari.(Intisari/Wrt1)

Sumber : Link

 
Leave a comment

Posted by on May 21, 2012 in HEALTH

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: